BAB.3 E-Commerce
1. 1. Perdagangan melalui Jaringan Elektronik :
Transaksi bisnis yang
menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.
v Manfaat
perdagangan melalui jaringan
elektronik :
§ Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
§ Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan
yang lebih baik.
§ Pengembalian atas investasi pemegang saham,
dan pemilik yang meningkat.
v Kendala
perdagangan melalui jaringan
elektronik
:
§ Biaya Tinggi.
§ Masalah Keamanan.
§ Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak
tersedia.
v jalan menuju
perdagangan melalui jaringan elektronik :
§ Mengumpulkan intelijen bisnis.
§ Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS).
1. 2. 2.
Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik :
2. 2. 3.
Sistem antar organisasi :
§ SISTEM ANTAR ORGANISASI (Interorganizatonal
System-IOS).
§ PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (Electronic Data
Interchange – EDI).
§ EXTRANET.
§ TRANSFER DANA secara ELEKTRONIK (Electronic
Fund Transfer – EFT).
Suatu kombinasi
perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu
sistem tunggal.
§ Manfaat IOS (Intra Organizational
system) :
v Manfaat secara langsung IOS :
ü Efisiensi
komparatif, dapat menyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing
§ Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam
perusahaan.
§ Efisiensi antar-organisasi,
perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain.
ü Kekuatan tawar
menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan
pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya. Kekuatan itu berasal dari
tiga metode dasar:
§ Keistimewaan produk yang unik.
§ Penurunan biaya yang berhubungan dengan
pencarian.
§ Peningkatan biaya peralihan.
v Manfaat secara tidak langsung IOS :
§ Mengurangi kesalahan.
§ Mengurangi biaya.
§ Meningkatkan efisiensi operasional.
§ Meningkatkan kemampuan bersaing.
§ Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
§ Meningkatkan pelayanan pelanggan.
1. 2. 4.
Pertukaran data elektronik (EDI) :
adalah pertukaran
langsung dokumen-dokumen bisnis dari komputer ke komputer, seperti order
pembelian dan order penjualan.
v Hubungan EDI yang umum.
Membentuk kaitan
antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan
dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
v Standar EDI.
Standar yang digunakan
di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan
EDIFACT.
v Tingkat penerapan EDI.
Tiga tingkat
penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
v Manfaat EDI.
Manfaat Langsung :
manfaat yang berasal dari teknologi
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.
1. 2. 5.
Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik.
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar